koleksi

Minggu, 13 November 2011

manfaat internet

BAB I
PENDAHULUAN


Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Melalui keberadaan internet mereka bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun waktu yang diinginkan. Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi ini adalah dunia pendidikan. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, maka jaringan internet memenuhi kapasitas dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia pendidikan.  Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama, mencanangkan lahirnya sistem pembelajaran yang
berbasiskan teknologi jaringan ini, seperti lahirnya konsep tentang distance learning, web-based education, dan e-learning, yang kalau ditinjau dari implementasinya mempunyai wujud yang hampir sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pendidikan dan pengajaran.
Melihat perkembangan fenomena ini, akan sangat tertinggal dunia pendidikan kita, jika tidak bisa memanfaatkan teknologi internet.Walaupun belum akanmenyelenggarakan pengajaran maupun pendidikan berbasiskan internet, setidaknya kita mampu dan menganjurkan pemanfaatan resources yang ada di internet sebagai salah satu sumber
pembelajaran maupun bahan pengajaran.



















1
BAB II
PEMBAHASAN


A.  PENGERTIAN INTERNET

Apakah    yang   dimaksud    dengan    Internet?  Internet  adalah   kumpulan     yang   luas  dari jaringan  komputer  besar  dan  kecil,  yang  saling  bersambungan  menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia (telepon, gelombang radio, TV kabel, dll). Internet dapat  diakses  oleh  setiap  orang  yang  memiliki  komputer  pribadi,  saluran  telepon,  dan sebuah    modem.
Dalam  Internet, kita juga  memerlukan software tertentu  untuk mengakses sumber daya  tertentu.  Misalnya:    Kita  membutuhkan      Web     Browser     seperti  Microsoft     Internet Explorer atau Netscape Navigator untuk menjelajahi word wide web, dll.  Internet  juga  dapat   diakses   oleh  para   siswa   sekolah /mahasiswa  yang  jaringan      komputer  di   sekolah /di kampusnya  sudah  terhubung ke Internet.
         Bagi  pemilik   komputer   pribadi  di  rumah,   mereka    memerlukan     bantuan   ISP  (Internet Service Provider / Penyedia Jasa Internet). ISP dapat dibayangkan seperti operator GSM pada  telepon    selular (handphone).     Bila pada   handphone     ada   penyedia  jasa   seperti Satelindo,  Excelcomindo, Telkomsel, dll,  maka  pada  Internet ada  penyedia jasa  seperti CBN,  Centrin,   Idola,  Radnet,  Vision   Net,  dll.
            Saat  ini  di  Jakarta  dan  Tangerang  ada puluhan  ISP. ISP-ISP ini membantu menghubungkan  komputer di  rumah  ke  backbone- backbone Internet yang umumnya berada di Amerika Serikat.  Karena komputer di rumah berhubungan  dengan ISP  melalui  saluran  telepon,   maka  pulsa  telepon  yang  dihitung adalah   pulsa  antara   rumah   ke  ISP.

B.  HAL-HAL  MENARIK YANG BISA KITA DAPATKAN DARI INTERNET

1.  Dengan  Web      Browser    (pembaca  world  wide  web  /     www)  seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, NCSA Mozaic, dll, Anda dapat melihat situs-situs  milik  grup  band favorit  anda  (contohnya Westlife, Aqua,  dll), klub  bola basket  di  Amerika  Serikat  (contoh:  LA  Lakers),  klasemen  sementara liga Inggris (langsung dari  Inggris secara realtime), tangga lagu versi  MTV Asia, berita-berita  di  koran   dalam   versi  online   (contohnya   The    Times,   Kompas, Republika,   Popular  Online,   dll), foto taman-taman     nasional   atau  objek-objek wisata  dari  seluruh penjuru dunia  (misalnya  Green  Canyon,  Laut  Mati,  bahkan candi  Borobudur), salinan  keputusan  mahkamah agung Amerika  Serikat, daftar orang-orang  yang  paling  dicari oleh  FBI,  kisah-kisah  klasik  yang  dapat  dibaca secara  gratis  (misalnya  Alice   in  Wonderland,   Moby  Dick,  dll),  ramalan  cuaca untuk seluruh  kota  di  dunia, foto  udara Amerika  Serikat yang dipotret satu jam sebelumnya,  hasil  penyelidikan  UFO, membeli VCD  atau  buku  (yang seringkali lebih murah daripada di toko buku), kampus-kampus terkenal di dunia, ayat-ayat suci  Al-Qur'an  berikut  bacaannya  yang  bisa  didengar  langsung  (bila  komputer anda   mundukung multimedia),   siaran  radio  atau  televisi  dari stasiun-stasiun terkenal di dunia (dengan demikian anda tidak usah memasang antenna setinggi puluhan meter),  perbincangan polisi di  kota-kota  besar Amerika  Serikat  melalui



2
radio saat  berpatroli di jalan  raya  (bila  mujur,  kita dapat  mendengarkan secara langsung para polisi  yang berteriak-teriak  saat mengejar  penjahat), bermain game melawan orang-orang di luar negeri, dan masih banyak lagi.

2.  Dengan program chatting seperti mIRC, anda dapat "ngobrol" (chatting) secara langsung  dengan  puluhan   bahkan    ratusan  orang   di seluruh   penjuru  dunia. Masing-masing      perbincangan    dibagi  dalam    beberapa    channel   (contohnya: #jakarta, #bandung, #bawel, #teens, #Windows95, dll).  Perbincangan dilakukan memakai media keyboard.

3.  Dengan program e-mail reader seperti Qualcomm Eudora, Microsoft Outlook, Netscape     Messenger,    Pine,   dll, anda  dapat   mengirimkan    surat  elektronik (electronic mail yang sering disingkat e-mail) ke seluruh pengguna Internet, baik di  dalam  maupun  di  luar  negeri.  Proses  pengiriman  hanya  memerlukan  waktu beberapa detik saja  (bandingkan  dengan  surat  konvensional yang  memerlukan waktu satu sampai beberapa hari). Anda juga dapat mengikuti mailing list, yaitu diskusi  melalui  e-mail yang dilakukan oleh orang-orang yang  mempunyai  minat yang sama.

4.  Dengan  program-program       pembaca    newsgroups      seperti Forte  Agent,  anda
dapat   berdiskusi  seperti  pada  mailing   list. Newsgroups   (sering  disebut  juga Usenet) dan mailing list mempunyai perbedaan mendasar.
Pada newsgroups:
(1)  tulisan  anda  disimpan  oleh  news  server 
(2)  tulisan  dapat  dibaca  oleh  semua orang  
(3)  anda   harus   memilih   tulisan  yang   akan   dibaca   dan   kemudian
                  "mengambilnya".    
Anda    dapat   membayangkan       newsgroups    seperti  majalah dinding di sekolah. Pada mailing list:
(1) tulisan dikirimkan langsung ke mail box masing-masing     peserta   diskusi  (2)  hanya   anggota   mailing  list yang   dapat membacanya     
(3)  tanpa  memilihpun,  tulisan  yang   dikirimkan  orang   lain  akan
                   masuk ke komputer anda.

5.  Dengan program-program  FTP seperti  CuteFTP  atau WSFTP, kita dapat  men- download    (mengambil    file dari Internet) atau   meng-upload    (menaruh    file ke Internet).  Di  Internet tersedia  melimpah  program-program  seperti  utility,  game, dll.  Banyak    di   antaranya    yang    berbentuk    freeware    (gratis). Sebelum mendownload, anda harus periksa betul berapa besar file yang akan anda ambil. File-file berukuran beberapa ratus kilobytes  memerlukan waktu  belasan sampai puluhan  menit.  Sedangkan  file-file  game  atau  file-file video  (animasi)  biasanya berukuran puluhan megabytes, yang  memerlukan waktu  satu sampai beberapa jam untuk di download. Dengan demikian anda harus memperhatikan betul-betul, jangan sampai waktu anda habis hanya untuk mendownload file !!!

6.  Dengan  program-program  messenger  seperti  ICQ,  MSN  Messenger,  Yahoo Messenger, AOL Instant Messenger, dll, anda bisa mengetahui siapa saja dari teman-teman     anda   di Internet  yang  saat  itu sedang   menggunakan      Internet.




3
Bahkan  anda  bisa  mecari siapa  saja  orang yang  rumahnya di Tangerang yang saat itu sedang memakai Internet. Selanjutnya terserah anda, apakah anda akan mengajaknya     chatting, sekedar   mengucapkan      "Hallo", atau  mengabaikannya.   Anda tidak akan merasa "sendirian" di hutan belantara Internet.

7.  Dengan  program  telnet,  anda  dapat  menjalankan  komputer  lain.  Benar-benar  menjalankan, seolah-olah anda berada di tempat tsb.
Catatan:
  • World Wide Web (WWW) mengalami perke mbangan yang  sangat pesat. 
  • Sekarang, hanya dengan web browser, anda dapat mengakses semua sumber daya
      yang  tersedia di Internet.
  • Anda   sekarang  dapat  melakukan    chatting, membaca    e-mail, mengikuti 
      mailing  list, membaca newsgroups, mendownload file, dll.
  • Ketika web browser belum sehebat sekarang, pengguna Internet memakai   
      Veronica, WAIS, Archive, dll untuk mencari dokumen-dokumen tertentu yang
            diindeks oleh server Gopher.

C.  PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER DAN SARANA
      PEMBELAJARAN

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Oetomo, 2004). Beberapa bagian unsur ini mendapat sentuhan media teknologi informasi, sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning (Utomo, 2001) E-Learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer (Soekartawi, 2003). Karena itu e-learning sering juga disebut on-line course. Dalam berbagai literature e-learning tidak dapat dilepaskan dari jaringan Internet, karena media ini yang dijadikan sarana untuk penyajian ide dan gagasan pembelajaran.
Namun dalam perkembangannya masih dijumpai kendala dan hambatan untuk mengaplikasikan sistem e-learning ini, antara lain :
(a) Masih kurangnya kemampuan menggunakan Internet sebagai sumber
     pembelajaran;
(b) Biaya yang diperlukan masih relative mahal untuk tahap-tahap awal;
(c) Belum memadainya perhatian dari berbagai pihak terhadap pembelajaran    
      melalui Internet
(d) Belum memadainya infrastruktur pendukung untuk daerah-daerah tertentu
      (Soekartawi, 2003).
Selain kendala dan hambatan ini, kelemahan lain yang dimiliki oleh sistem e-learning ini yaitu hilangnya nuansa pendidikan yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik, karena yang menjadi unsur utama dalam e-learning adalah
pembelajaran.  Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan kendala hambatan dan kelemahan system e-learning, dikemukakan suatu pokok fikiran atau ide untuk mengkolaborasikan e- learning dengan sistem pembelajaran tradisional menggunakan ruangan kelas (class-learning), dalam arti kata jaringan internet dimanfaatkan sebagai sumber dan sarana pembelajaran, sedangan proses pembelajaran tetap dilakukan melalui



4
classroom. Dalam hal ini internet dijadikan sebagai sum,ber informasi yang akan disampikan kepada peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran.
Berkaitan dengan topik system pembelajaran klasikal (class-learning), maka pemanfaatkan jaringan internet sebagai sumber dan sarana pembelajaran, dapat
diimplemetasikan sebagai point-point berikut :
1. Browsing
2. Resourcing
3. Searching
4. Consulting dan Communicating

1.  Browsing
Browsing atau surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila hendak
menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik menampilkan teks,
gambar-gambar dan malahan animasi yang ditampilkan sedemikian rupa sehingga selalu
membuat betah para pengunjungnya. Untuk melakukan browsing ini kita menggunakan
suatu fasilitas yang bernama browser, banyak jenis software browser yang tersedia
dipasaran, mulai dari yang gratisan seperti mozila sampai yang komersil seperti Netscape
dan Internet Explorer .
Apapun jenis aplikasi internet yang akan kita lakukan tidak terlepas dari browser, karena browser merupakan media komunikasi antara user dengan layanan internet. Sebagai pengguna windows, maka software browser yang sering digunakan adalah
Internet Explorer dari Microsoft.

Pentingnya kita mengunjung suatu alamat situs yang diberikan pada suatu buku referensi berkaitan dengan :
            1. Source code yang ada digunakan pada buku tersebut.
2. Catatan errata, sering kali suatu buku setelah ditulis dan diterbitkan oleh   
    penerbit, terdapat beberapa perbaikan susulan yang dilakukan oleh penulis,
    maka catatan perbaikan ini diberikan pada bagian ini.
3. FAQ (frequently Ask Question) atau penyelesaian soal latihan, yang tidak  
    tersedia pada buku.
Contoh lainya dengan mengunjungi suatu situs yang berkaitan dengan materi ilmu komputer, contoh : http://ilmukomputer.com/. Namun jika sekiranya semua informasi yang dibutuhkan tidak tersedia, maka dapat digunakan fasilitas pencaraian (searching) yang tersedia pada jaringan internet dengan menggunakan search engine yang tersedia secara free. Dalam memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran, jika alamat suatu situs sering digunakan, maka sebaiknya alamat tersebut dimasukkan ke dalam daftar situs favorit, karena dengan fasilitas ini, maka browser secara otomatis akan menyimpan informasi ini.

2.  Searching
Searching merupakan proses pencarian sumber pembelajaran guna melengkapi materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dalam hal ini segala sesuatu informasi yang berkaitan sumber informasi tersebut belum diketahui, sehingga dengan memanfaatkan Search engine adalah salah satu fasilitas yang tersedia pada aplikasi untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. Cukup dengan memasukkan kata kunci-nya, maka proses pencarian akan dilakukan dan search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat.


5
Banyak aplikasi search engine yang ditawarkan oleh situs-situs tertentu yang ada di internet, yang populer antara lain google, yahoo, altavista dan sebaginya disamping fasilitassearch yang disediakan oleh setiap situs.
Tata cara yang perlu diperhatikan,untuk menunjang keberhasilan proses pencarian ini,
antara lain :
1. Tentukan kata kunci yang akan digunakan dalam mencari informasi
2. Hindari penggunaan kata kunci yang mempunyai arti ganda, karena hal ini
    hanya akan menjaring informasi yang tidak diperlukan, karena informasi yang
    dikumpulkan oleh search engine nantinya diperoleh dari metadata dari suatu
     situs.
3. Jika informasi tersebut diinginkan dalam jenis file tertentu, maka tentukan jenis
    Atau tipe file yang akan dicari.

Namun jika yang dibutuhkan adalah jenis tipe file tertentu, misalnya slide presentasi dengan jenis file power point, maka ekstension file tersebut diikut sertakan, sehingga kata kuncinya menjadi “Jaringan Komputer ppt”, maka hasil searching yang dilakukan akan memperlihat perbedaan yang cukup berarti jika dibandingkan dengan tanpa mengidentifikasikan jenis filenya.
Untuk mendownload file-file hasil searching tersebut dapat dilakukan dengan
memanfaatkan dukungan download manager yang banyak tersedia seperti Flashget,
Getright, DAP dan lain sebagainya. Software down load manager ini dapat menghemat
waktu down load kita.

3.  E-Mail (Konsultasi dan Komunikasi via E-Mail)
E-mail merupakan aplikasi yang paling populer sejak internet pertama kali
diperkenalkan, karena dengan fasilitas ini dapat menjembatani komunikasi data antar
personal maupun antar perusahaan, e-mail terkenal karena memberikan cara yang mudah
dan cepat dalam mengirim informasi.. Selain itu juga dapat menangani catatan yang kecil,
hingga file yang besar berupa file yang ditumpangkan padanya (attachment file).
E-mail pada topik pembicaraan ini dapat diimplemetasikan sebagai media konsultasi dan komunikasi antara pendidik dengan peserta didik, karena dengan bantuan e-mail ini, proses bimbingan dan konsultasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Untuk keperluan tersebut, banyak layanan e-mail gratis yang tesedia di internet, salah satu yang populer adalah mail yahoo, mailcity, hotmail, dan sebagainya, sedangkan untuk tingkat lokal misalnya mail telkom.net, plasa.com, eudoramail, Indonet, Indosatnet dan lain-lain.
Persyaratan mutlak bagi seseorang untuk dapat memanfaatkan layanan electronic-mail (E-mail) ini adalah harus mempunyai sebuah account dan email address. E-mail account berkaitan dengan identitas alias dari sipermiliknya, sedangan e-mail address berkaitan dengan server tempat account tersebut berada, misalnya :
Subandi.mkh@gmailcom
maka account yang diberikan adalah subandi.mkh yang terdafatr pada server mailnya
gmail.com.








6
4.  Milis (Mailing List)
Mailing list berarti daftar alamat E-mail untuk setiap orang yang ingin menerima mail tentang topik tertentu. Mailing List atau Milis (kadang disebut posting), pada dasarnya masih merupakan komunikasi dengan memanfaatkan layanan e-mail, yakni mengirim dan menerima E-mail ke dan/atau dari sekelompok orang dengan tujuan penggunaan sebagai sarana diskusi, yang biasanya dikelompokkan berdasarkan topik diskusi, kelompok tertentu atau pengelompokan lainnya.

Sebuah mailing list mempunyai moderator yang akan meninjau dan menentukan apakah mail dapat dikirim ke setiap orang yang ada didaftar. Sehingga diskusi tetap terfokus. Sebagai moderator daftar mailnya ada yang manusia dan ada juga yang berupa software komputer yang memngijinkan seseorang berlangganan (subscribe) atau mencabut langganan secara otomatis (unsubscribe). Namun banyak juga daftar mailing list yang tanpa moderator, dan hal itu adalah lumrah. Terdapat dua jenis mailing list dasar yang besar yaitu:
1.      mailing list Internet
2.      mailing list jaringan Bitnet (Because Its Time Network).
Semua mailing list Bitnet kegiatan administrasinya diotomasi oleh software komputer yang disebut LISTSERV singkatan dari list server (server daftar), yang akan mengatur secara otomatis untuk berlangganan atajupun berhenti berlangganan pada mailing list-nya.
Misalnya : Alamat milis : dosen_elk@yahoogroups.com
Dalam contoh di atas menunjukkan suatu komunitas diskusi dan komunikasi dosen-dosen elektronika yang terdaftar pada server milisnya yahoogroups.com. Alamat milis pada dasarnya hanyalah sebuah fasilitator dalam forum diskusi, karena di dalam alamat milis terdapat data-data yang menampung alamat e-mail masing-masing anggota milis, sehingga jika ada satu topik diskusi yang akan dibicarakan, maka topik tersebut oleh administrator milis secara otomatis akan dikirimkan ke alamat e-mail setiap anggotanya.
Kelompik diskusi milis ini banyak sekali jumlahnya, dan secara garis besar dapat
dikelompokkan ke dalam dua kategori :
1.      Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam tergantung pada profesi
Atau keseragaman yang dimilki oleh anggotanya, dan biasanya jenis ini terbuka untuk umum  sehingga seorang peminat diskusi dapat mendaftarkan dirinya sendiri secara langsung.
2.      Berdasarkan komunitas kelompok tertentu, dan biasanya milis jenis ini
      bersifat  tertutup dan hanya terbuka bagi anggotanya saja. Misalnya milis yang
      dimiliki oleh  suatu partai atau organisasi atau yang keanggotaannya atau
      untuk berlangganannya melalui suatu cara tertentu, seperti membayar uang
      langganan (profit) atau cara-cara lainnya.
Berlangganan (subscribe) ke suatu milis pada umumnya harus mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh moderatornya, dan jika tidak, maka Anda akan dicoret dari daftar
anggota dan akan dimasukan kedalam daftar tidak berlangganan (unsubscribe). Selain itu
ber-milis ria di Internet mempunyai etika-etika yang harus kita patuhi untuk kenyaman kita bersama, yang disebut dengan Etika Mailing List.





7
BAB IV
PENUTUP


Perkembangan Internet yang begitu cepat telah mengubah banyak aspek dalam proses komunikasi data komputer, setelah jaringan internet barubah menjadi jaringan global, banyak aplikasi baru berkembang untuk menunjang keefektifan dan kefleksibelan lintas data dalam jaringan internet, dan Internet berubah menjadi topik yang selalu up to date untuk dibicarakan  pada tingkat riset dan materi perkuliahan di perguruan tinggi diseluruh dunia.
Perubahan yang amat pesat ini akhirnya mengubah pola pemafaatan internet oleh perguruan tinggi, yang semula hanya digunakan untuk riset, menjadi sarana untuk mempublikasikan hasil riset tersebut, dan akhirnya bagaimana memanfaatkan jaringan ini sebagai sarana dalam proses pendidikan.  Ide-ide tentang pemanfaatan jaringan global ini sebagai sarana pengajaran telah melahirkan banyak hal, yang semula hanya berupa CBT (Computer-Based Training) menjadi WBT (Web-Based Training)(Horton, 2000).






















8
DAFTAR PUSTAKA




Horton, William., Designing Web Based Training, John Wiley & Son Inc. USA, 2000.
Lynch, Daniel C and Marshall T. Rose, Internet System Handbook, Addison-Wesley Publishing
Company, Inc. USA, 1993.
Oetomo, B.S.D dan Jarot Priyogutomo, Kajian Terhadap Model e-Media dalam Pembangunan
Sistem e-Education, Makalah Seminar Nasional Informarika 2004 di Universitas Ahmad
Dahlan Yogyakarta pada 21 Februari 2004.
Purbo, Onno W, dkk., Buku Pintar Internet TCP/IP, Elexmedia Komputindo, Jakarta., 2000.
Purwadi, Daniel H., Belajar Sendiri : Mengenal Internet Jaringan Informasi Dunia, PT. Elex
Media Komputindo, Jakarta, 1995.
Shirky, Clay, Internet Lewat E-Mail (The Internet by E-Mail), Alih Bahasa: Julianto, PT. Elex
Media Komputindo, Jakarta, 1995.
Soekartawi, Prospek Pembelajaran Melalui Internet, Bahan Ceramah/Makalah disampaikan
pada Seminar … yang diselenggarakan oleh Balitbang Depdiknas, Jakarta, 18 Desember
2002.
Taufan, Riza, Teori dan Implementasi IPv6 Protokol Internet Masa Depan, Elex Media
Komputindo, Jakarta, 2002
Utomo, Junaidi. 2001. Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi,
Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 7 April 2001.















ii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar